11 Juni 2013

Outbound Anak sebagai Wisata Edukasi di Yogyakarta Reviewed by Outbound Jogja on 6/11/2013 Rating: 4

Outbound Anak sebagai Wisata Edukasi di Yogyakarta

Outbound Anak sebagai Wisata Edukasi di Yogyakarta
Bermain merupakan cara yang paling tepat untuk mengajarkan sesuatu kepada anak. Dengan perasaan senang dan gembira tentunya pesan yang ingin kita sampaikan akan mudah di terima oleh anak-anak. Selain sebagai refreshing pelepas kejenuhan dan kebosanan pada anak setelah setiap hari berkecimpung dengan pelajaran-pelajaran di sekolah, Outbound Jogja dapat kita gunakan untuk mengajak anak-anak bagaimana peduli terhadap lingkungan, bagaimana memperlakukan lingkungan dan tentunya bagaimana belajar dari lingkungan. Selain itu interaksi antara anak satu dengan yang lain atau antara anak dan guru akan lebih akrab dan menyenangkan.

share 

Dimulai dengan olah raga kecil sebagai pemanasan, dalam satu kelompok besar anak-anak akan kita ajak untuk melakukan permainan yang menekankan pada peregangan otot-otot. Tentunya dalam suasana yang menyenangkan dan penuh suka cita. Song and Motion, anak-anak akan kita ajak untuk bernyanyi, menari, berlari kecil, berkelompok, beranalogi, berinteraksi. Dalam beberapa kesempatan Fasilitator akan meneriakkan kata-kata semangat yang akan menggugah semangat dan motivasi mereka untuk terlibat dalam setiap aktivitas bersama, baik aktivitas kelompok maupun individu.

Selanjutnya anak-anak akan kita bagi dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang harus mereka hadapi ; Flying Fox yang merupakan Flying Fox di Jogja dengan Panjang lintasan kurang Lebih 280 Meter diatas Kalikuning, Bajak Sawah & Tanam Padi, Bermain Kayak dan masih banyak lagi permainan menantang lainnya. Untuk meningkatkan antusias dan keterlibatan mereka maka game/aktivitas di setting dalam suasana kompetisi yang positif dan Sportif. Kerendahan hati sebagai sebuah kelompok yang menang dan kebesaran hati untuk menerima sebuah kekalahan selalu kita tekankan di setiap akhir sesi game/aktivitas, agar anak-anak mengerti bahwa yang terpenting dalam setiap game yang kita lakukan/ aktifitas dalam kehidupan sehari-hari lainnya tidak hanya selalu tentang menang dan kalah, akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana setiap individu ataupun kelompok menyelesaikan dengan cara yang baik, sportif, dan Jujur.

Agar suasana kompetisi tetap terjaga secara sehat dan tidak mengarah kepada sikap yang fanatik terhadap kelompok masing-masing, anak-anak akan kita arahkan kembali untuk melakukan aktivitas dalam nuansa kebersamaan; Tanam Padi dan Bajak Sawah. Pada aktivitas ini setiap anak akan merasakan bagaimana menjadi seorang Petani, mereka akan merasakan langsung bagaimana membajak sawah dengan menggunakan Bajak Tradisional yang masih di tarik dengan Sapi. Setelah itu anak-anak akan merasakan bagaimana cara menanam padi dengan benar. Dengan aktivitas ini diharapkan anak-anak mengerti tentang Proses awal bagaimana Nasi yang selama ini mereka makan setiap hari itu bermula. Dengan begitu anak-anak akan belajar bagaimana menghargai Seorang Petani.

1,2,3 Go....
Semangat dalam suasana suka cita begitu terlihat saat anak-anak berada diatas Kolam yang di penuhi dengan ikan sebesar telapak tangan yang siap mereka tangkap. Aktivitas berikutnya adalah Tangkap ikan, pada aktivitas ini kolam disetting di isi ikan sejumlah anak yang terlibat dalam Outbound Training Jogja tersebut, tentunya dalam nuansa Kompetisi agar anak-anak lebih bersemangat dalam menyelesaikan tantangan terakhirnya. Ikan yang mereka tangkap nantinya akan dibawa pulang, setiap anak mendapatkan satu ikan. Dengan begitu maka mereka harus dapat menangkap semua ikan yang ada di dalam kolam, karena apabila ada yang tidak tertangkap maka ada sebagian temannya yang tidak kebagian Ikan nantinya. Dalam hal ini kita akan dapat memberikan sebuah pelajaran bagi anak-anak bahwa dalam kompetisi kita harus senantiasa menjaga Sportivitas dan Kejujuran, Karena kita merupakan individu-individu dalam sebuah kelompok yang memiliki keterkaitan. Kompetetisi hanyalah sebuah sarana agar kita dapat memberikan Usaha yang terbaik untuk kelompok ataupun untuk diri kita sendiri.

Lengkapi Perjalanan Wisata Jogja Anda dengan singgah ke desa Wisata Ledok Sambi, Wisata Edukasi di Yogyakarta yang menyuguhkan berbagai pemandangan alami dan berbagai fasilitas yang melengkapi suasana desa, seperti rumah joglo sinom dan limasan dengan pendopo yang luas untuk sarana kegiatan seperti rapat, seminar, meeting, diklat dan kegiatan lain, Padhepokan pamengku rumah yang besar dan luas untuk kegiatan kesenian dan tari, Tersedianya cattering yang siap menyajikan menu-menu tradisional, Dolanan anak deso, seperti egrang, teklek buto, gobag sodor, belajar menganyam janur, Program kegiatan Game Outbound (Ice Breaking Games, Group Challenge Games, Individual Challenge Games yaitu meniti tali dan flying fox) serta Fasilitator Games, kita juga dapat menyaksikan Kesenian Rakyat seperti Wayang kulit, dengan durasi pendek dan panjang, Krawitan Jawa, Uyon-uyon Jawa, Tari tradisional, Tayub, Gambyong, Pelatihan tari Ramayana, Tarian Jatilan.

Untuk Melengkapi Liburan Anda, Anda dapat mengkombinasikan berbagai program pilihan Wisata Adventure yang sudah kami sediakan; Arung Jeram Sungai Elo, Outbound Jogja, Paintball Jogja, Lav Tour Merapi dan Wisata Jogja Lainnya.

Posted by: Wisata Adventure

Comments

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...