01 Desember 2014

Tips Agar Kegiatan Arung Jeram Anda Nyaman dan Aman Reviewed by Outbound Jogja on 12/01/2014 Rating: 4

Tips Agar Kegiatan Arung Jeram Anda Nyaman dan Aman

Tips Arung Jeram:
Arung Jeram Magelang
Sebelum membaca saya berikan dulu Tips Memahami Tips Agar Kegiatan Arung Jeram AndaNyaman dan aman ; Baca Bismillah sebelum membacanya, sebelum baca bismillah ada baiknya anda baca Alfatihah, dan seterusnya sudah tahukan harus baca apa saja? Setelah itu baca dan pahami tips ini, dan maknai sendiri, ambil yang kira-kira berguna, dan tetap “Buanglah Sampah pada Tempatnya” Jangan Buang Sampah Sama Tempatnya!!! (Cie Pesan Moral) kira-kira begitulah seharusnya kita belajar, Jangan di telan Mentah- mentah apa yang kita dengar, baca dan kita terima. Pahami dulu dan maknai maksudnya. Kegiatan Arung Jeram merupakan kegiatan yang memiliki resiko yang cukup tinggi jika kita tidak memperhatikan berbagai prosedur yang ada, salah satunya dalam penggunaan peralatan dan perlengkapan. Berikut ini ada beberapa tips dalam penggunaan peralatan dan perlengkapan yang melekat dalam tubuh kita berdasar pengalaman pribadi selama bertahun-tahun dalam berbagai pengarungan yang pernah saya lakukan di beberapa Sungai Elo Magelang yang ada di Indonesia.

Berikut ini Tips Arung Jeram agar anda lebih nyaman berkegiatan

Pilih Helm Rafting yang pas
Dalam memilih helm rafting, anda harus menyesuaikan bentuk kepala anda, apabila kepala anda berbentuk memanjang maka pilih saja ember untuk anda gunakan…hehehe, sorry2. Pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala anda, cari yang pas dikepala. Kalaupun tidak ada, tidak perlu membawa helm sendiri yang ada SNI dibelakangnya, apalagi Full face dan ada kacanya. Bahaya itu kalo pecah kacanya. 
Setiap operator Arung Jeram di Magelang biasanya sudah menyediakan helm rafting yang sudah standart untuk Arung Jeram. Apabila dengan sangat terpaksa tidak ada helm rafting yang ngepas dikepala atau terlalu longgar anda dapat menambahkan penutup kepala (kupluk, topi atau cd juga bisa hehe,). Apabila anda menggunakan topi, jangan lupa untuk melepas benjolan bulat yang biasanya terpasang diatas topi, karena apabila tidak dilepas dan kena benturan dari atas/tertekan temen anda, akan sangat sakit dikepala anda dan membahayakan bagi kecerdasan anda hehe…

Gunakan Baju yang nyaman untuk Rafting
Apabila cuaca panas gunakan baju lengan panjang, lengannya saja lho yang panjang. Bukan gamis. Lucu kan rafting pakai gamis. Gunakan baju yang pas di badan, agak ketat tapi masih nyaman anda gunakan. Tapi usahakan jangan baju yang longgar. Anda dapat memilih bahan baju yang ringan dan mudah kering apabila basah. 

Apabila anda ingin menekuni olah raga Arung Jeram ini anda dapat mencari baju khusus Arung Jeram di outlet-outlet Adventure terdekat di desa atau kota anda. Jangan lupa beli dua, satu untuk anda gunakan latihan, dan satunya lagi dapat anda kirim ke alamat saya, lebih detail nanti hubungi saya.


Gunakan pelampung Arung Jeram dengan benar
Dalam menggunakan pelampung secara umum sebenarnya sama seperti ketika anda menggunakan baju rompi, hanya saja anda perlu ketahui bagaimana cara mengancingkan setiap pengait yang ada di pelampung agar anda lebih nyaman dan aman dalam kegiatan Arung Jeram nanti. Pertama longgarkan dahulu pengait-pengait yang berada di samping kanan dan kiri, kalo pelampung sudah anda pakai, pengait itu tepatnya berada dibawah ketiak anda, punya ketiak kan?

Setelah itu anda kaitkan semua pengait yang ada di depan anda, depan dada,depan perut dan depan apa itu…., biasanya ada tiga pengait di depan dan satu pengait terletak dibawah pelampung. Yang paling bawah pas di ikat pinggang anda biasanya. Kencangkan secukupnya. Setelah itu tarik setelan pengait di samping kanan kiri pelampung (bawah ketiak tadi), kencangkan secukupnya, anda bisa tambahkan garam sesuai selera anda.

Jangan lupa mintalah bantuan pada Guide Rafting anda untuk mengecek peralatan yang sudah anda pakai.


Pakai Celana ya kalo mau Arung Jeram
Apabila niat anda memang untuk arung jeram, maka pakailah celana. Ya semua, dalam dan luar. Secara umum pemilihan celana hampir sama dengan baju yang anda gunakan terutama masalah bahan, kalo bentuk ya jelas bedalah. Kayak gitu aja ditanyakan. 

Pilih celana yang pas di badan dengan bahan elastis, ringan dan mudah kering. Jangan gunakan celana longgar, apalagi sarung. Hemmm kalo anda terjatuh kedalam air dan berusaha naik keatas perahu anda akan terganggu dengan mlorotnya celana anda apabila terlalu longgar. Bukan hanya anda yang terganggu, tapi teman-teman dan guide anda pasti juga terganggu. 


Sebaiknya anda tidak menggunakan celana Jeans, setan apalagi iblis. Hiii seremmm…yang tidak kalah penting jangan sampai terbalik antara celana anda yang seharusnya diluar dan di dalam. Apabila anda sering bersepeda, anda juga dapat menggunakan celana yang biasa digunakan oleh atlit-atlit sepeda.


Memilih alas kaki yang tepat
Apabila anda ingin mencoba Arung Jeram Magelang disana belum di sediakan alas kaki, maka anda harus menyiapkannya sendiri dari rumah, dari Toko atau pasar juga boleh. Untuk alas kaki saya sarankan anda menggunakan sepatu yang ringan, mudah kering dan tidak bertali. Jangan gunakan Tikar yah, itu alas tidur. Gak punya sepatu??? Beli dooong, banyak Alas-an kamu!!! Heheh. 

Apabila anda tidak memiliki sepatu anda dapat menggunakan sandal gunung yang biasanya bermerk Ender, dan berbagai merk yang sekarang mewarnai dunia Fashionnya Adventure seperti Condina, pRei, dan berbagai merk yang sedang berjuang. Semoga mereka segera memenangkan perjuangannya dengan memberikan produk yang berkualitas, murah meriah, diskon tiap hari, dan masih dapat hadiah. Ngelantur bablas. Yang jelas ini Jenis “Sandal Gunung” ya bukan sandal yang biasa atau yang pernah anda pakai naik Gunung! Nanti pakai SRANDAL “Cilik Lho” (Small-Lho). Naik Gunung ya harus pakai Sepatu Trekking!!! Septi-ves gitu lho.


Oke Pencinta Arus Deras, demikian tips yang bisa saya bagikan kepada anda. Semoga Kegiatan Arung Jeram atau Rafting anda di seluruh Sungai Elo Magelang di Indonesia mendapatkan apa yang anda impikan dan anda cita-citakan.amin


Rafting, Arung Jeram, Sungai Progo Atas, Sungai Progo Bawah
Jika Anda Menghargai Kepala Anda, Anda Akan tahu Harus Memilih Helm Rafting yang mana.
Tips terakhir jangan terlalu banyak bercanda saat Arung Jeram, yang penting tau diri kapan harus serius kapan anda bisa bercanda dengan teman-teman anda. Tetap Safety, Safety, Safety and Fun…








Posted by: Wisata Adventure

Comments

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...