13 Desember 2016

Arung Jeram Magelang Reviewed by Outbound Jogja on 12/13/2016 Rating: 4

Arung Jeram Magelang

Arung Jeram Magelang Merupakan Salah satu Destinasi Wisata Jogja, SEGERA Hubungi 0813.2577.4558 untuk Mendapatkan Harga yang Menarik. Arung Jeram Magelang atau Arung Jeram Sungai Elo Magelang  sudah menjadi Pilihan Wisata populer dalam mengisi Liburan Akhir Tahun di Jogja. Baik bersama Keluarga maupun bersama teman-teman yang dapat memberikan keceriaan dan kesan yang sangat Mendalam.

Arung Jeram Sungai Elo Magelang

Lokasi Arung Jeram Magelang sebenarnya sudah tidak masuk di dalam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun banyak Wisatawan maupun biro wisata yang menjadikan Arung Jeram Magelang sebagai salah satu destinasi Wisata di jogja saat kunjungan wisata mereka ke Yogyakarta. Hal ini karena Sungai Elo Magelang terletak di daerah Magelang yang berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti halnya Candi Borobudur yang bagi sebagian wisatawan di luar Jogja atau Luar Jawa yang belum pernah ke Yogyakarta mereka berpikir bahwa Candi ini berada di Jogja.

Di Yogyakarta sendiri sebenarnya terdapat sungai yang di gunakan juga sebagai Arung Jeram, yaitu Sungai Progo. Namun Sungai Progo terutama yang masuk ke dalam Wilayah Yogyakarta memiliki Karakteristrik Jeram yang Lebih ekstreem dibandingkan dengan Sungai Elo Magelang. Dibutuhkan persiapan dan nyali yang lebih untuk mengarungi Sungai Progo
.
Dibandingkan dengan Sungai Progo, Sungai Elo Magelang relatif lebih Aman dan Nyaman untuk para pemula. Namun tetap memberikan tantangan tersendiri bagi para Wisatawan. 

Aktifitas Arung Jeram Magelang atau Rafting pada awalnya di dominasi oleh kalangan kelompok Pencinta Alam di Yogyakarta dan sekitarnya. Namun seiring perkembangannya arung jeram mulai di kenalkan ke masyarakat umum sebagai pilihan Wisata Minat Khusus yang memiliki standar keamanan yang tinggi, perkembangan ini bukan hanya terjadi di Yogyakarta. Tetapi juga telah berkembang di kota-kota lain yang memiliki sungai berjeram seperti di Jawa Barat, Jawa Timur dan provinsi lainnya di Indonesia.

Kehadiran Arung Jeram ternyata mendapat sambutan yang baik di Masyarakat umum, karena akifitas ini memiliki dampak positif untuk kinerja sebuah team. 

Dinamika team dalam kegiatan Arung Jeram merepresentasikan dinamika team dalam kehidupan yang sebenarnya, baik dilingkungan kerja maupun dalam kehidupan bermasyarakat. 

Dalam berbagai kesempatan, arung jeram kemudian dikembangkan menjadi sebuah metode pelatihan management yang melengkapi berbagai kegiatan Outbound Training yang di selenggarakan instansi maupun perusahaan-perusahaan swasta untuk meningkatkan kinerja Sumber daya Manusia mereka. 
Arung Jeram sebenarnya kegiatan yang memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi, akan tetapi dengan memahami dan mentaati Standar Operasional Keamanan secara disiplin kita akan dapat melaksanakan Arung Jeram ini dengan Nyaman, Aman dan tentunya FUN.

Arung Jeram Sungai Elo Magelang

Berikut ini beberapa Tips untuk anda yang ingin menikmati Wisata Arung Jeram Magelang:

Tentukan Sungai yang menjadi Tujuan Anda
Ingat, tidak semua sungai bisa dijadikan lokasi arung jeram. Ada sungai yang memiliki grade atau tingkat jeram yang mudah, sulit, bahkan ada yang sangat berbahaya untuk rafter profesional sekalipun. Sesuaikan dengan tujuan kegiatan dan kemampuan team anda.
Bagi anda  yang ingin Arung Jeram dengan grade 1-2 coba datang ke Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah. sungai ini cocok untuk pemula atau anda yang ingin belajar tentang Arung Jeram. Untuk grade 2-3 ada di Sungai Progo Atas dan Sungai Serayu yang sama-sama berada di Jawa Tengah. 

Perhatikan Cuaca
Jika Anda ingin melukan kegiatan arung jeram pilihlah cuaca yang pas. Musim hujan ataupun kemarau sebenarnya bisa saja. Tinggal kita lihat karakteristik sungainya. Ada sungai yang ketika musim penghujan dia bisa mencapai grade 3 atau medium, bahkan bisa hingga melonjak menjadi grade 5. 
Ada juga sungai yang ketika musim penghujan masih stabil di level 2-3, jadi masih tetap aman. Namun ada pula yang ketika musim kemarau sungainya jadi kering atau alirannya sangat kecil sehingga tidak bisa dilalui.

Carilah Informasi dari sumber yang terpercaya
Jika Anda akan melakukan pengarungan, silakan menghubungi operator Arung Jeram di sekitar sungai tersebut untuk mencari informasi tentang karakteristik sungai. 
Minimal untuk memeberitahu kepada operator yang lebih berpengalaman dan tahu kondisi medan. Agar Anda juga bisa mendapatkan informasi teraktual tentang kondisi sungai terbaru yang ingin anda arungi.

Patuhi peraturan dari pemandu
Sebelum melakukan pengarungan, pemandu pasti akan memberikan safety talk ataupun briefing kepada setiap calon rafter. Mereka akan menjelaskan tentang alat-alat yang akan digunakan untuk pengarungan dan bagimana menggunakannya. Selain itu, ada juga larangan-larangan yang bisa menyebabkan kecelakaan saat pengarungan. Ikuti intruksi yang diberikan oleh pemandu
Guide atau pemandu berhak untuk memindahkan jalur pengarungan berdasarkan pertimbangan keamanan. Jangan bersikeras untuk tetap memilih jalur yang sudah direncanakan dengan berdalih 'tantangan' atau 'kami bukan penakut'. Ini bukan masalah siapa yang takut, tapi masalah keselamatan dan kenyaman bersama dalam berkegiatan Arung Jeram.

Jangan takut secara berlebihan
Rasa takut ketika sedang Arung Jeram kadang malah bisa menjadikan pemicu terjadinya kecelakaan. Semisal karena saking takutnya, ketika pemandu menginstruksikan untuk mendayung, Anda justru menhentikan dayungan dan malah berpegangan tali pada perahu. 

Akibatnya perahu melaju tidak sesuai dengan yang diinginkan yang kemudian bisa mengakibatkan perahu terbalik atau tersangkut. Percayakan pada pemandu akan keselamatan Anda dengan mematuhi aba-aba darinya.

Jangan merasa paling berpengalaman
Hal ini biasa terjadi pada sekelompok rombongan. Apalagi jika dalam satu perahu ada satu orang yang pernah melakukan pengarungan. Kadang dia malah memberi instruksi yang berlawanan dengan pemandu. Akibatnya sekenario untuk melewati jeram yang sudah direncanakan oleh pemandu bisa gagal dan bahkan bisa mengakibatkan hal yang fatal. 
Sebagai catatan ketika Anda sudah berada di perahu, hanya ada satu komando yang harus dipatuhi, yaitu dari pemandu atau river guide. Mereka sudah dilatih dan berpengalaman untuk mengatur dan membuat sekenario melintasi jeram supaya tetap aman dan menyenangkan.

Berdoa sebelum pengarungan
Setelah semua prosedur keselamatan sudah kita jalankan dan teknik yang dilakukan sudah benar, terkadang kita masih menemui masalah dalam pengarungan. Maka supaya keberuntungan itu selalu berpihak kepada Anda alangkah baikanya sebelum kegiatan Arung Jeram dimulai berdoalah terlebih dahulu. 

Demikian tips tentang Arung Jeram, agar kita bisa nyaman dan aman dalam berkegiatan di alam terbuka. 

Untuk mendapatkan Program Wisata Arung Jeram Magelang dan Paket Wisata Adventure Lainnya anda dapat SEGERA menghubungi


Alamat Kantor:
Jl. Wates Km. 4, Somodaran Banyuraden Gamping,
Sleman,Yogyakarta 55293
Email: bingoadventure@gmail.com

Telp. 0813 2577 4558 (SIMPATI)
         0857 2580 2688 (SMS ONLY)

Posted by: Wisata Adventure

Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...